Tutorial Windows Movie Maker Part 2

Windows Movie Maker adalah program aplikasi komputer yang digunakan untuk keperluan editing video. Program ini dirancang untuk dapat digunakan pada komputer dengan Sistem Operasi Windows XP, Windows 7, Windows 8 maupun Windows Vista. Disini Anda juga dapat menggabungkan video dengan musik dan suara. Untuk kali ini kita akan mempraktekan menggabungkan video dengan musik atau audio.
Setelah pada tutorial 1 membahas tentang pembutan video dengan menggabungkan beberapa gambar, kali ini kita akan membahas tentang pembuatan video dengan menggabungkan sebuah musik atau audio.
Langkah pertama buka Windows Movie Maker pada desktop atau klik Start >> Windows Movie Maker, maka tampilannya seperti dibawah ini:

Pilih menu File >> Open Project atau juga bisa cara alternative Ctrl+O pada keyboard Anda.

Kemudian pilih video yang akan di edit kembali lalu klik Open.

Selanjutnya kita akan menambahkan musik pada video yang akan dijadikan background video. Caranya pilih Import Audio or Music yang terdapat di Capture Video pada Movie Tasks.

Kemudian pilih musik yang akan dijadikan background video lalu klik Import.

Setelah di import maka musik yang tadi sudah kita import akan muncul pada kolom koleksi.

 Proses selanjutnya adalah editing yang dilakukan pada Storyboard atau Timeline. Caranya, drag musik yang sudah diseleksi untuk dimasukkan ke Storyboard atau dengan klik kanan kemudian pilih Add Storyboard. Perhatikan gambar di bawah ini :

Setelah memasukan backsound pada video, langkah selanjutnya membuat title atau credit. Caranya pilih Make Titles or Credits yang terdapat di Edit Movie pada Movie Tasks.

Pada tahap ini, kita diberikan pilihan untuk menempatkan title sesuai keinginan. Disini saya memilih menambahkan title di awal video.

Kemudian masukkan teks untuk title. Kita juga dapat mengubah animasi title tersebut dengan cara klik Change the Title Animation.

Pilih animasi title sesuai dengan keinginan. Preview dapat dilihat pada layar yang terdapat disisi sebelah kanan.

Jika kita ingin mengubah warna dari title tersebut, klik Change the Next Front and Color.

Pada tampilan ini terdapat berbagai pilihan. Jenis font, warna font, font yang transparan, ukuran font, serta posisi font. Jika kita sudah memilih, klik Done, Add Title to Movie.

Title sudah terdapat di Timeline.

Movie telah selesai. Kita dapat melihat hasil videonya pada tampilan layar yang terdapat disisi kanan Movie Maker.

Apabila Anda ingin menyimpannya kembali sebagai project (dapat dibuka kembali dalam bentuk Movie Maker) maka pilih menu File >> Save Project.

Save kembali video yang telah kita edit agar dapat diperbaharui. Klik gambar disket pada toolbar.

Sekarang Anda dapat menikmati hasil video yang telah Anda buat. Demikian langkah-langkah dalam menggunakan windows Movie Maker. Selamat mencoba J


Comments