Rancangan dan Skenario Game (Tugas Softskill Ke-2)

RANCANGAN GAME
Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat game “Hockey Pockey” adalah pembuatan arena atau papan permainannya. Pada game ini saya menggunakan papan persegi panjang 2 dimensi yang berukuran 800x410 piksel. Hockey Pockey merupakan permainan pengasah otak, refleks, sekaligus perhitungan/probabilitas yang mengharuskan pemain memperkirakan pantulan bola sehingga bola tidak masuk ke gawang pemain, dan mengusahakan agar bola masuk ke gawang musuh yang dijalankan oleh AI.

Tampilan Utama
  • Splash Screen

Interface game ini diawali dengan splash screen loading.
  • Menu Utama

Setelah loading selesai, akan muncul window menu utama. Terdapat 2 tombol yaitu tombol "START" dan "HOW TO PLAY". Apabila menekan tombol start, akan tampil window permainannya. Dan apabila menekan tombol how to play, akan tampil window instruksi.

Tampilan Awal
Pada tampilan awal game terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk :
  • How To Play

Pada window ini berisi petunjuk bagaimana cara bermai. Window instruksi juga terdapat menu back yang berfungsi apabila ditekan akan kembali ke menu utama.

Play

 Pada window permainan ini, terdapat 3 menu, yaitu :
  1. New Game : Apabila pada pertengahan permainan, pemain ingin langsung mulai dari awal atau jika kalah ingin mencoba lagi (secara otomatis score akan kembali ke nilai 0)
  2. Back : Apabila ditekan akan kembali ke menu utama.
  3. About : Menampilkan window about yang berisi informasi mengenai Strawberry Prolog dan tentang saya.



SKENARIO GAME
Pada game ini konsepnya sama seperti game tenis meja, ping pong klasik dan game lainnya versus antara pemain dan AI, dimana 2 player saling mengembalikan bola agar tidak masuk dalam wilayahnya dan bagi yang bolanya lewat dan tidak terpukul, maka player itu kalah. Pemain membutuhkan point 10 skor untuk memenangkan game Hockey Pockey ini. Tingkat kesulitan berada pada level di game ini yang di atur menggunakan waktu untuk menjalankan game, dan apabila waktu telah habis sebelum salah satu dari pemain mendapatkan point 10, maka game akan selesai tanpa menentukan siapa pemenangnya (draw).

Aturan Permainan :
  1. Menggunakan tombol panah atas untuk bergeser ke atas dan panah bawah untuk bergeser ke bawah.
  2. Pada awal permainan, tekan spasi untuk memulai permainan.
  3. Pemain menjaga agar bola tidak masuk ke gawang pemain.
  4. Pemain dinyatakan menang jika pemain berhasil mendapatkan 10 skor (1x memasukkan bola ke gawang lawan = 1 skor).

Permainan akan berakhir apabila salah satu pemain sudah mencapai skor 10. Jika AI duluan, maka pemain kalah dan akan muncul tulisan yang berisi “YAH KALAH DEH L. Tetapi apabila pemain duluan, maka pemain menang dan muncul tulisan yang berisi “HOREEE ANDA MENANG !!!”.

OBJECT GAME
Objek yang digunakan oleh pemain

Objek yang digunakan oleh lawan (AI)

Objek bola

Comments