Tugas 4 - Komputasi Paralel

IMPLEMENTASI KOMPUTASI PARALEL DALAM DUNIA BISNIS


Isi Pembahasan Jurnal :
Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Di dalam komputasi paralel ada yang dinamakan dengan pemrograman paralel, yaitu teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secar bersamaan (komputasi paralel), baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU.

Terdapat 4 model komputasi yang digunakan :
a.       SISD (Single Instruction, Single Data) adalah satu-satunya yang menggunakan arsitektur Von Neumann, dikarenakan pada model ini hanya digunakan 1 prosesor.
b.      SIMD (Single Instruction, Multiple Data) menggunakan banyak prosesor dengan instruksi yang sama, namun setiap prosesor mengolah data yang berbeda.
c.       MISD (Multiple Instruction, Single Data) menggunakan banyak prosesor dengan setiap prosesor menggunakan instruksi yang berbeda namun mengolah data yang sama.
d.      MIMD (Multiple Instruction, Multiple Data) menggunakan banyak prosesor dengan setiap prosesor memiliki intruksi yang berbeda dan mengolah data yang berbeda.

Perbedaan antara komputasi tunggal dengan komputasi paralel :

Implementasi komputasi paralel pada dunia perfilman yaitu rendering film. Membuat suatu benda dalam wujud 3 dimensi dan mengubah-ubah sudut pandang, menentukan pencahayaan, bahkan menyusun gerakan benda alam 3 dimensi virtual. Salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan algoritma Divide and Conquer yang diterapkan ke dalam metode Komputasi Paralel.

Komputasi paralel mempunyai prinsip yang bersesuaian dengan algoritma Divide and Conquer, yaitu membagi-bagi proses menjadi bagian-bagian yang cukup kecil dan memungkinkan untuk dikerjakan oleh sebuah unit komputasi. Terdapat 2 klasifikasi parallel computer yang penting, yaitu : sebuah komputer dengan banyak unit komputasi internal, atau lebih dikenal sebagai Shared Memory Multiprosesor. Beberapa komputer terhubung melalui sebuah jaringan, atau lebih dikenal sebagai Distributed Memory Multicomputer.

Comments