Hai reader, kembali lagi saya untuk
menjelaskan program pada Strawberry Prolog yang telah saya buat. Sekarang kita
akan belajar tentang pembuatan splash screen. Apa itu Splash Screen?
Splash screen adalah suatu kondisi yang digunakan untuk menggambar image atau
gambar yang muncul pada saat sebuah aplikasi atau program dalam proses
loading. Jadiiii... splash screen itu adalah window loading yang nantinya
apabila loading tersebut sudah mencapai batas yang ditentukan, maka window
kedua akan terbuka.
Nah, kalian sudah tau apa itu splash
screen? selanjutnya saya akan memberikan listing programnya.
Pertama, terlebih
dahulu kita membuka aplikasi Strawberry Prolog dengan klik dua kali icon
Strawberry Prolog atau dengan klik Start lalu pilih Strawberry Prolog. Jika
kita sudah sampai pada tampilan window Strawberry Prolog, maka kita klik file lalu new dan pilih Strawberry Project.
Langsung saja kita ke logika programnya:
?-
Statement ini
untuk membuat awalan pada strawberry prolog, wajib di isi, untuk mengisi
program inti pada window.
window(G_load,_,fload(_),"loading...",0,0,1000,700),
Statement window
dibuat untuk menampilkan jendela (window) yang dapat diisikan program yang
ingin dibuat. “loading…” untuk memberi nama pada kotak window. 0,0,1000,700
adalah koordinat untuk menentukan panjang dan lebar kotak window(1000x700),
juga menentukan dimana pertama kali window muncul dalam layar disana akan
muncul window di pojok kiri atas karena saya masukan koordinat (0,0).
G_bgload is bitmap_image("doraemon.bmp",_),
Kode program diatas berfungsi untuk
membuat variabel yang akan menampung file gambar. File gambar tersebut adalah
file yang digunakan untuk gambar background dari program yang saya buat. Gambar
yang saya pakai adalah doraemon dan gambar itu harus terdapat di satu folder
agar dapat dipanggil serta formatnya pun harus .bmp atau bitmap.
draw_bitmap(0,0,G_bgload,_,_).
fload(paint):-
Kode program
berikut menyatakan fungsi paint yang dituangkan kedalam window_pertama.
Didalamnya ada draw_bitmap yang berfungsi memanggil variabel gambar bitmap yang
sebelumnya sudah didefinisikan. Disini G_bgload akan menjadi background di
window pertama.
font(15,30,"aharoni"),
color_text(_,rgb(0,0,255)).
Kode program diatas menyatakan jenis font
yang akan kita gunakan. 15 adalah ketebalan tulisan yang akan digunakan, 30
adalah ukuran font, dan aharoni adalah jenis font.
fload(init):-
G_batas := 0,G_waktu is set_timer(_,0.0900,ftimer).
Kode program
berikut menyatakan fungsi fload. Inisialisasi fungsi ini memberikan variabel
G_batas yang bernilai 0 atau berawal dari angka 0 dan variabel G_waktu yang
akan memanggil fungsi_timer. Timer yang akan muncul selama 0.0900
detik.
ftimer(end):-
text_out(700,250,print("NOW LOADING")),
text_out(770,280,print(G_batas+"%")),
G_batas := G_batas+1,
G_batas == 101 -> wait(1.0),
close_window(G_load).
Kode program
berikut menyatakan fungsi timer yang dipanggil sebelumnya. Pertama, kode program
ini akan mencetak “NOW LOADING” dan angka % kedalam layar user. Lalu dengan variabel G_batas yang
telah dibuat sebelumnya, dilakukan increment +1. Ketika G_batas mencapai value
0, maka window G_pertama akan diclose. Apabila angka loading
sudah melebihi 100 maka window di tutup.
Dan inilah hasilnya :
Comments
Post a Comment