RANCANGAN GAME
Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk
membuat game “Hockey Pockey” adalah pembuatan arena atau papan permainannya.
Pada game ini saya menggunakan papan persegi panjang 2 dimensi yang berukuran
800x410 piksel. Hockey Pockey merupakan permainan pengasah otak, refleks,
sekaligus perhitungan/probabilitas yang mengharuskan pemain memperkirakan
pantulan bola sehingga bola tidak masuk ke gawang pemain, dan mengusahakan agar
bola masuk ke gawang musuh yang dijalankan oleh AI.
Tampilan Utama
- Splash Screen
Interface
game ini diawali dengan splash screen loading.
- Menu Utama
Setelah
loading selesai, akan muncul window menu utama. Terdapat 2 tombol yaitu tombol
"START" dan "HOW TO PLAY". Apabila menekan tombol start,
akan tampil window permainannya. Dan apabila menekan tombol how to play, akan
tampil window instruksi.
Tampilan Awal
Pada
tampilan awal game terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk :
- How To Play
Pada window ini
berisi petunjuk bagaimana cara bermai. Window
instruksi juga terdapat menu back yang berfungsi apabila ditekan akan
kembali ke menu utama.
Play
Pada
window permainan ini, terdapat 3 menu,
yaitu :
- New Game : Apabila pada pertengahan permainan, pemain ingin langsung mulai dari awal atau jika kalah ingin mencoba lagi (secara otomatis score akan kembali ke nilai 0)
- Back : Apabila ditekan akan kembali ke menu utama.
- About : Menampilkan window about yang berisi informasi mengenai Strawberry Prolog dan tentang saya.
SKENARIO
GAME
Pada game
ini konsepnya sama seperti game tenis meja, ping pong klasik dan game lainnya
versus antara pemain dan AI, dimana 2 player
saling mengembalikan bola agar tidak masuk dalam wilayahnya dan bagi yang bolanya
lewat dan tidak terpukul, maka player itu kalah. Pemain membutuhkan point 10 skor
untuk memenangkan game Hockey Pockey
ini. Tingkat kesulitan berada pada level di game ini yang di atur
menggunakan waktu untuk menjalankan game, dan apabila waktu telah habis sebelum
salah satu dari pemain mendapatkan point 10, maka game akan selesai tanpa menentukan
siapa pemenangnya (draw).
Aturan Permainan :
- Menggunakan tombol panah atas untuk bergeser ke atas dan panah bawah untuk bergeser ke bawah.
- Pada awal permainan, tekan spasi untuk memulai permainan.
- Pemain menjaga agar bola tidak masuk ke gawang pemain.
- Pemain dinyatakan menang jika pemain berhasil mendapatkan 10 skor (1x memasukkan bola ke gawang lawan = 1 skor).
Permainan
akan berakhir apabila salah satu pemain sudah mencapai skor 10. Jika AI duluan,
maka pemain kalah dan akan
muncul tulisan yang berisi “YAH KALAH DEH L”. Tetapi apabila
pemain duluan, maka pemain menang
dan muncul tulisan yang berisi “HOREEE ANDA MENANG !!!”.
OBJECT
GAME
Objek yang digunakan oleh pemain
Objek yang digunakan oleh lawan (AI)
Objek bola
Comments
Post a Comment