Nama : Rahmalita Ayuza Putri
NPM : 57413172
Kelas : 4IA08
REGULASI DAN PROSEDUR
PENGADAAN BARANG DAN JASA
Rencana Bisnis : Pengadaan Jasa Pembuatan Kado Unik
Berbicara mengenai dunia bisnis tentu
tidak luput dari pembahasan sebuah perusahaan, wiraswasta, perdagangan, dan
lain sebagainya. Perkembangan dunia bisnis yang sekarang sedang menjamur di
masyarakat adalah bisnis di bidang Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK).
Adapun bisnis yang menjamur di sekitar lingkungan yaitu bisnis Warung Internet
(Warnet) dan Game Online, Kursus Komputer, atau bahkan ada yang membuka jasa
pengetikan tugas akhir atau skripsi. Disini saya akan membuat sebuah rencana
bisnis di bidang Pembuatan Souvenir berbentuk plakat dan karikatur untuk
hadiah ulang tahun, pernikahan, dan wisuda. Usaha ini akan
saya beri nama “AyuzArt”.
GAMBARAN UMUM
AyuzArt
adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan
karikatur dan perancangan, pendesaian plakat yang terbuat dari bahan
akrilik maupun bahan resin
yang ada di Jakarta.
Macam-macam
souvenir yang kami produksi meliputi plakat resin, plakat akrilik, dan karikatur. Produk yang kami buat
dipesan untuk kepentingan promosi, kenang-kenangan, cenderamata atau souvenir
untuk wisuda & hadiah perlombaan/contest. Beragam bentuk
& model serta bisa pesan sesuai dengan model sendiri.
SUMBER
INFORMASI TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK
Jenis produk-produk
yang dihasilkan atara lain:
a.
Cetak
Foto Karikatur
-
Mencetak
foto dengan berbagai ukuran seperti A4
dan F4
-
Pelanggan dapat memberikan desain sesuai keinginan sendiri
-
Selain mendapatkan hardcopy, pelanggan juga mendapatkan softcopy dari hasil
tersebut.
b.
Plakat
Menghasilkan plakat dari bahan akrilik dan bahan resin
dengan berbagai macam bentuk mulai dari ukuran S, M, dan L, serta gambar yang
tertera pada plakat dapat di custom sesuai keinginan.
Produk jasa yang
ditawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yakni :
a.
Proses
pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien.
b.
Tanpa
minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran
mereka.
Bahan baku dan peralatan yang digunakan
:
-
3 Unit Komputer Baru
-
Monitor LCD
-
Printer Epson (2 unit)
-
Kertas HVS ukuran A4 dan F4
-
Scanner Canon (2 unit)
-
Bingkai foto ukuran A4
dan F4
-
Bahan akrilik
-
Bahan resin
-
Kertas backlite
Identifikasi sumber tempat membeli
barang-barang tersebut :
-
Toko komputer dan aksesoris
-
Supplier plakat
-
Toko alat-alat tulis kantor
Kebutuhan Modal :
Model yang diperlukan dalam pendirian
usaha Jasa Pengetikan dan Revisi adalah kurang lebih sebesar Rp. 6.780.000.- (Empat Belas Juta
Rupiah) dengan perincian penggunaan sebagai berikut
1.
Komputer Rp. 3.200.000,-
2.
Printer Epson Rp. 1.105.000,-
3.
Scanner Rp. 700.000,-
4.
Bahan akrilik Rp. 700.000,-
5.
Bahan resin Rp. 800.00,-
6.
Bingkai foto Rp. 20.000,-
7.
Kertas backlite Rp. 100.000,-
8.
Kertas HVS Rp. 80.000,-
9.
Meja Rp. 45.000,-
10.
Kursi Rp. 30.000,-
Jumlah modal : Rp.6.780.000,-
Daftar Harga jual Produk :
a.
Cetak Karikatur Rp.
235.000,-
-
Ukuran A4 Rp. 85.000,-
-
Ukuran F4 Rp. 150.000,-
b.
Plakat akrilik dan resin Rp. 465.000,-
-
Ukuran S Rp.
130.000,-
-
Ukuran M Rp. 155.000,-
-
Ukuran L Rp. 180.000,-
Sumber Daya Manusia:
Usaha Jasa Pembuatan Souvenir ini
dikelola oleh 5 orang sebagai berikut:
-
1 orang sebagai Manager
-
2 orang sebagai Staff
Produksi
-
1 orang sebagai Staff
marketing
-
1 orang sebagai Staff
Keuangan
a.
Tugas
staff sebagai berikut :
·
Manager, bertanggung jawab
antara lain:
-
Bertanggungjawab atas kelangsungan
usaha
-
Mengarahkan dan memberi
motivasi pada anggota
-
Menjalin hubungan kerja
dengan mitra bisnis
-
Bertanggung jawab untuk
mengembangkan usaha
·
Staff Produksi, bertanggung
jawab:
-
Bertanggungjawab terhadap
kegiatan produksi
-
Mengetik dan revisi sesuai
permintaan pelanggan
-
Mencatat semua order yang
masuk
-
Memberikan pertimbangan
berkaitan dengan pengembangan usaha
-
Bertanggung jawab atas
kelangsungan usaha
·
Staff Marketing, bertanggung
jawab antara lain :
-
Bertanggung jawab terhadap
kegiatan pemasaran
-
Memberikan pertimbangan
berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai pemasaran
-
Bertanggung jawab atas
kelangsungan usaha
·
Staff Keuangan, bertanggung
jawab antara lain:
-
Mengatur arus kas masuk dan
keluar
-
Mengatur pemberian
kompensasi kepada anggota
-
Memberikan pertimbangan
berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan
-
Membantu pemasaran
-
Bertanggung jawab atas
kelangsungan usaha
Peluang Usaha
Melihat hasil analisis pesaing serta
potensi permintaan pasar yang cukup besar, usaha ini masih memungkinkan untuk
bersaing dengan jasa-jasa pengetikan lainnya. Dengan pelayanan Jasa Pengetikan
yang minimum order dan harga terjangkau menjadikan peluang untuk bisa bersaing
dengan tempat jasa pengetikan yang lain.
KEBUTUHAN
DOKUMEN YANG TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA
ACUAN KERJA) ATAU TOR (TERM
OF REFERENCE) ATAU BIDDING DOCUMENT
Identifikasi kebutuhan adalah salah satu
kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga
menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan
penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan
barang/jasa yang terdiri atas:
1.
Uraian kegiatan yang akan
dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan, lokasi kegiatan,
sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar belakang usaha ini
karena melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan kado unik yang semakin meningkat.
2.
Waktu yang diperlukan dalam
melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana
pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa. Waktu yang diperlukan untuk
membuka usaha ini sesuai kelengkapan pengadaan barang-barang, peralatan dan
lainnya.
3.
Spesifikasi
teknis barang/jasa yang akan diadakan. Dalam usaha jasa pembuatan kado yang akan diadakan
seperti cetak foto karikatur dan pembuatan plakat dengan ukuran S, M, dan L.
4.
Besarnya total perkiraan
biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan
tersebut. Dalam pengadaan jasa pembuatan kado
total perkiraan modal sekitar Rp. 6.780.000,-.
Istilah lain yang
sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK
dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan
termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang
terjadi di lapangan, karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari
identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya
dilakukan setengah hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam
penyusunan anggaran belaka.
Sering terjadi,
karena sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun
hanya sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan
mengganti jumlah sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya
terbaru bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap
dijadikan lampiran pembahasan anggaran.
Inilah yang
menyebabkan proses pengadaan menjadi kacau balau, karena ruh utama pengadaan,
yaitu identifikasi kebutuhan tidak tersampaikan secara jelas dan dipahami
secara mendalam serta dituliskan secara terukur. Proses penyusunan KAK berhenti
hanya sebatas pemenuhan persyaratan administratif dalam penganggaran.
KOMENTAR
Dari
sekian banyak kesempatan bisnis yang ingin dijalankan semua tergantung dengan
kemapuan yang dimiliki. Kemampuan atau skill memang sangat mempengaruhi bisnis
ini, namun dalam mencapai keberhasilan bisnis terdapat beberapa hal yang
mempengaruhi.
Teknologi
komputer saat ini semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin
baik, dan proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah. Bisnis ini
diperuntukkan bagi mereka yang ingin memberikan hadiah sebagai kenang-kenangan indah
yang tak terlupakan, apalagi bisnis ini dapat membebaskan para pelanggan untuk
memberikan ide ataupun desain langsung sesuai keinginannya. Hadiah ini dapat
mereka berikan dalam bentuk kado pernikahan, kado ulang tahun, maupun kado
wisuda.
Dalam
usaha digital printing ini juga mempunyai kekurangannya yaitu adanya persaingan
apabila ada banyak tempat digital printing lainnya, selalu melakukan perawatan
pada peralatan yang ada, kerusakan perlengkapan seperti print macet (tidak
tercetak), customer yang tidak menentu sehingga laba yang didapat tidak pasti.
DAFTAR PUSTAKA
http://thisblogeem.blogspot.co.id/2017/01/tugas-pbi-regulasi-dan-prosedur.html
http://www.khalidmustafa.info/2014/01/22/masihkah-kerangka-acuan-kerja-menjadi-acuan.php
Comments
Post a Comment