Tutorial Window Movie Maker Part 1

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara penggunaan Windows Movie Maker. Salah satu program atau software editing video yang sederhana tapi powerfull. Software ini sengaja di rancang untuk PC berfungsi untuk mengedit ataupun membuat video dengan mudah dan instan. Menjadikan pengalaman membuat video memiliki kesan tersendiri, layaknya seorang profesional. Pertama-tama buka Windows Movie Maker maka tampilannya seperti dibawah ini :

Langkah selanjutnya, memasukkan foto kedalam koleksi. Caranya pilih Import Video yang terdpata di Capture Video pada Movie Tasks.


Kemudian pilih foto yang akan dijadikan Slideshow lalu klik Import.


Setelah di import maka foto tersebut akan muncul pada kolom koleksi.


Proses selanjutnya adalah editing. Editing ini di lakukan dalam tampilan STORYBOARD atau TIMELINE. Caranya, drag foto yang sudah diseleksi untuk dimasukkan ke Storyboard atau dengan klik kanan kemudian pilih Add Storyboard. Perhatikan gambar di bawah ini :


Selanjutnya kita akan memberi efek transisi dan efek video pada gambar tersebut agar tampilan terlihat lebih menarik. Untuk memberikan efek transisi klik View video transitions pada menu Edit Movie pada Movie Tasks.

Pilih salah satu bentuk yang Anda inginkan lalu drag atau seret transisi tersebut ke Storyboard letakkan diantara dua gambar. Setiap gambar dapat Anda berikan transisi yang berbeda sesuai keinginan.


Movie telah selesai. Kita dapat melihat hasil videonya pada tampilan layar yang terdapat pada sisi kanan Movie Maker.


Apabila Anda ingin menyimpannya sebagai project (dapat dibuka kembali dalam bentuk Movie Maker) maka pilih menu File >> Save Project As.

Untuk menyimpan video Anda menjadi sebuah file video maka pilih menu File >> Save Movie File atau Anda juga dapat memilih Save to my computer pada menu Finish Movie pada Movie Tasks.

atau

Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Isilah nama file pada kolom Enter a file name for your saved movie. Kemudian pilih lokasi penyimpanan yang akan disimpan, klik button Browse.

Klik next.

Kita juga dapat memilih kualitas dari hasil video yang telah kita buat.



Kemudian klik button Next hingga muncul pada step akhir seperti yang ada dibawah ini. Lalu klik button Finish.

Sekarang Anda dapat menikmati hasil video yang telah Anda buat. Demikian langkah-langkah dalam menggunakan windows Movie Maker. Selamat mencoba J

Comments