Analisa dan Rancangan Website E-Commerce “OpenBox Collection (OBC)”

ANALISA

OpenBox Collection atau bisa disingkat OBC adalah sebuah toko online yang bergerak dalam bidang Fashion Pria dan Wanita. Website ini menggunakan cms opencart. Toko ini di dirikan pada tahun 2015 oleh sekelompok mahasiwa kreatif di Depok. OBC memanfaatkan website dalam pemasaran produk dengan jasa pengiriman yang aman dan terpercaya. Sasaran online shop ini adalah wanita dan pria baik remaja maupun dewasa.

Berikut langkah-langkah berbelanja di website OBC, yaitu :
  1. Pelanggan mencari informasi pakaian terbaru OBC dan harga pakaian dengan membuka localhost/store. Lalu, pelanggan melakukan order jika sudah menemukan pakaian yang ingin dibeli.
  2. Pelanggan yang ingin melakukan proses pembelian, ia diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Jika tidak, maka pelanggan hanya bisa melihat barang tanpa bisa membeli.Barang yang sudah dipilih akan masuk ke dalam shopping cart. Pada bagian ini akan dilakukan pengecekan atau pembatalan barang yang sudah dipilih sebelumnya.
  3. Pelanggan memilih metode pembayaran apakah melalui transfer ke nomor rekening bank yang sudah ditentukan, atau bayar di tempat (Cash On Delivery), namun COD hanya diperuntukkan bagi pelanggan yang berada di daerah jabodetabek.
  4. Jika pelanggan memilih metode transfer ke nomor rekening bank yang telah tersedia, maka hanya diberikan waktu 2 x 24 jam untuk melakukan transfer uang. Apabila melewati batas waktu maka order akan otomatis dibatalkan. Setelah pelanggan mentransfer uang, pelanggan harus mengkonfirmasi bukti pembayaran melalui email ke OBC, kemudian OBC akan memproses pemesanan dan pengepakan barang secepatnya.
  5. Bagi pelanggan yang memilih metode pembayaran Bayar di tempat (Cash On Delivery). OBC akan memproses pemesanan dan pengepakan barang secepatnya. Lamanya pengiriman barang untuk daerah Jakarta antara 1-3 hari kerja dan luar Jakarta 2-7 hari kerja. Kurir jasa pengiriman OBC akan mengkonfirmasi melalui sms/telepon ketika akan datang untuk mengantarkan barang yang sudah di order. Pelanggan harap memberikan uang pas kepada kurir OBC supaya proses pembayaran cepat selesai. Apabila pelanggan sedang tidak ada di tempat, maka pembayaran dapat diwakilkan.
  6. Proses pembelian barang selesai dan semoga pelanggan tidak kecewa dengan barang dan pelayanan kami.
Rancangan

Comments