Pengenalan Strawberry Prolog

Pada kesempatan kali ini, saya akan memperkenalkan kepada kalian tentang Strawberry Prolog.



Apa itu Strawberry Prolog? 
Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaksnya sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog sangat mudah digunakan dan oleh karena itu beberapa universitas menggunakan prolog untuk kursus. Prolog disebut sebagai objek oriented language atau declare language.

Jadi, Strawberry Prolog itu bukan jenis makanan yaa tapi bahasa pemrograman hihi :D

Nama Prolog sendiri diambil dari bahasa Perancis programmation Enogique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

Dan Prolog ada tiga jenis diantaranya Strawberry Prolog. Dan sisanya adalah :
  • Visual Prolog : Visual prolog sebelumnya dikenal sebagai PDC prolog dan turbo prolog merupakan bahasa pemrograman prolog yang berorientasi objek. Sebagai turbo prolog dipasarkan oleh Borland, tetapi sekarang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan Denmark Pusat Pengembangan Prolog (PDC). Visual Prolog dapat membangun Microsoft Windows GUI-aplikasi, aplikasi konsol, DLL (Dynamic Link Libraries).
  • SWI Prolog : merupakan open source implementasi bahasa pemrograman Prolog, biasanya digunakan untuk pengajaran dan semantic web aplikasi. Memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk logika pemrograman kendala, multithreading, Unit testing, GUI, dll. SWI Prolog berjalan pada UNIX, Windows, dan Machintosh.

tampilan Project Strawberry Prolog


Strawberry Prolog dapat digunakan untuk membuat game AI atau Artificial Intellingence. AI sendiri merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara mengikuti atau mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan atau intelegensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer.

Sekian penyampaian saya mengenai Strawberry Prolog
Semoga bermanfaat :)



Referensi :
http://budiazizkirana.blogspot.co.id/2013/04/strawberry-prolog.html

Comments