Cara Membuat Window Splash Screen pada Strawberry Prolog

Hai reader, kembali lagi saya untuk menjelaskan program pada Strawberry Prolog yang telah saya buat. Sekarang kita akan belajar tentang pembuatan splash screen. Apa itu Splash Screen? Splash screen adalah suatu kondisi yang digunakan untuk menggambar image atau gambar yang muncul pada saat sebuah aplikasi atau program dalam proses loading. Jadiiii... splash screen itu adalah window loading yang nantinya apabila loading tersebut sudah mencapai batas yang ditentukan, maka window kedua akan terbuka.

Nah, kalian sudah tau apa itu splash screen? selanjutnya saya akan memberikan listing programnya.

Pertama, terlebih dahulu kita membuka aplikasi Strawberry Prolog dengan klik dua kali icon Strawberry Prolog atau dengan klik Start lalu pilih Strawberry Prolog. Jika kita sudah sampai pada tampilan window Strawberry Prolog, maka kita klik file lalu new dan pilih Strawberry Project.
  
Langsung saja kita ke logika programnya:

?-
Statement ini untuk membuat awalan pada strawberry prolog, wajib di isi, untuk mengisi program inti pada window.

window(G_load,_,fload(_),"loading...",0,0,1000,700),
Statement window dibuat untuk menampilkan jendela (window) yang dapat diisikan program yang ingin dibuat. “loading…” untuk memberi nama pada kotak window. 0,0,1000,700 adalah koordinat untuk menentukan panjang dan lebar kotak window(1000x700), juga menentukan dimana pertama kali window muncul dalam layar disana akan muncul window di pojok kiri atas karena saya masukan koordinat (0,0).

G_bgload is bitmap_image("doraemon.bmp",_),
Kode program diatas berfungsi untuk membuat variabel yang akan menampung file gambar. File gambar tersebut adalah file yang digunakan untuk gambar background dari program yang saya buat. Gambar yang saya pakai adalah doraemon dan gambar itu harus terdapat di satu folder agar dapat dipanggil serta formatnya pun harus .bmp atau bitmap.

draw_bitmap(0,0,G_bgload,_,_).
fload(paint):-
Kode program berikut menyatakan fungsi paint yang dituangkan kedalam window_pertama. Didalamnya ada draw_bitmap yang berfungsi memanggil variabel gambar bitmap yang sebelumnya sudah didefinisikan. Disini G_bgload akan menjadi background di window pertama.

font(15,30,"aharoni"),
color_text(_,rgb(0,0,255)).
Kode program diatas menyatakan jenis font yang akan kita gunakan. 15 adalah ketebalan tulisan yang akan digunakan, 30 adalah ukuran font, dan aharoni adalah jenis font.

fload(init):-
G_batas := 0,G_waktu is set_timer(_,0.0900,ftimer).
Kode program berikut menyatakan fungsi fload. Inisialisasi fungsi ini memberikan variabel G_batas yang bernilai 0 atau berawal dari angka 0 dan variabel G_waktu yang akan memanggil fungsi_timer. Timer yang akan muncul selama 0.0900 detik.

ftimer(end):-
text_out(700,250,print("NOW LOADING")),
text_out(770,280,print(G_batas+"%")),
G_batas := G_batas+1,
G_batas == 101 -> wait(1.0),
close_window(G_load).
Kode program berikut menyatakan fungsi timer yang dipanggil sebelumnya. Pertama, kode program ini akan mencetak “NOW LOADING” dan angka % kedalam layar user. Lalu dengan variabel G_batas yang telah dibuat sebelumnya, dilakukan increment +1. Ketika G_batas mencapai value 0, maka window G_pertama akan diclose. Apabila angka loading sudah melebihi 100 maka window di tutup.

Dan inilah hasilnya :

Comments