Pengantar Bisnis Informatika - Tugas 1

Tugas
1. Buatlah tulisan yang membahas tentang Definisi umum : Bisnis, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika, cantumkan sumber pustakanya.
2.  Pilihlah salah satu jenis Bisnis Informatika (e-commerce/software house/ consultant) perhatikan bagaimana teknik penjualan perangkat TIK, pemasangan dan pemeliharaan jaringan computer dan perangkat TIK lainnya yang ada di lingkungan perusahaan tersebut, beri komentar secara pribadi tentang kelebihan dan kekurangan yang ada, cantumkan sumber pustakanya.
3.   Jelaskan perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan dunia, cantumkan sumber pustakanya.

Jawaban

1.    Definisi Umum
·         Definisi Umum Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.[1]

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.[2]

·         Definisi Umum Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat seluruh teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini sendiri meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian informasi. Jadi, TIK itu merupakan teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian informasi.

Dan dapat ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi & komunikasi tersusun dari 3 kata yang masing-masing memiliki artinya tersendiri. Kata pertama, yaitu teknologi yang berarti pengembangan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang dapat menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sendiri sering menggambarkan suatu penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip serta proses penemuan saintifik.

Selanjutnya kata kedua dan ketiga, yaitu informasi & komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi yang berarti hasil pemrosesan, manipulasi Serta pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi merupakan suatu proses dalam penyampaian informasi (pesan, ide, serta gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.

Maka dapat disumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi itu merupakan hasil dari rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi & proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, serta lebih lama penyimpanannya.[3]

·         Definisi Umum Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.

Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.[4]

2.    Traveloka.com
Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Secara sederhana Traveloka adalah salah satu situs pencarian tiket pesawat dan hotel terkemuka di Asia Tenggara. Dalam laman resminya yakni www.traveloka.com, mengatakan bahwa traveloka adalah sistem reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking sistem dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan transaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.

Sejarah berdirinya Perusahaan Traveloka
Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry UnardiDerianto Kusuma, dan Albert. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat Ia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Para pendiri Traveloka adalah para praktisi teknologi informasi yang kembali dari Amerika Serikat ke Indonesia antara lain :
-      Derianto Kusuma, lulusan Universitas Stanford, sebelumnya bekerja sebagai software engineer senior LinkedIn di Silicon Valley
-      Ferry Unardi, lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang sebelumnya bekerja untuk Microsoft.

Pada awal 2015, dilaporkan tim Traveloka terdiri dari lebih dari 50 orang. Penggagas KawalPemilu.orgAinun Najib juga bergabung.[4]

Kelebihan dari Traveloka
·         Design web pada situs ini terlihat simple dan elegan.


·         Cepat dalam memberikan informasi
Traveloka bekerja sama dengan agent resmi maskapai dan hotel yang sudah terpercaya.


·         Pilihan pembayaran yang beragam
Traveloka juga bekerja sama dengan pembayaran resmi sehingga konsumen tidak perlu melakukan pembayaran secara manual lagi.


·         Customer Service dapat melayani setiap saat
Menyediakan layanan untuk para konsumen melalui email, telepon, Social Media, dan bahkan dapat chat langsung di browser. Traveloka juga memberikan informasi bagi masyarakat yang berminat untuk bergabung sebagai pegawai di perusahaan Traveloka.


·         Terdapat promo
Yang menarik dari website Traveloka ini adalah mereka menyediakan fasilitas untuk menampilkan tiket pesawat dan hotel yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan dan hotel.


·         Penjelasan dalam pemesanan sangat jelas
Traveloka.com juga menyediakan menu “Cara Pesan” untuk memudahkan konsumen yang belum mengetahui cara memesan tiket. Terdapat 3 pilihan submenu, yaitu Cara Pesan Tiket Pesawat, Cara Pesan Hotel, dan Cara Pembayaran. Dari masing-masing submenu terdapat tutorial secara langkah demi langkah.


·         Pemesanan tiket pesawat atau hotel melalui traveloka sangat efektif dan efesien


Setelah melakukan proses pencarian tiket, konsumen dihadapkan pada hasil pencarian. Pada halaman ini terlihat seluruh penerbangan yang tersedia dan diurutkan dari harga yang paling murah.


·         Tersedia versi mobilenya
Traveloka tidak hanya membuat pelayanan melalui website saja, perusahaan ini juga menyediakan aplikasi berbasis Android maupun iOS sehingga pemesanan dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun.


Kekurangan dari Traveloka
Traveloka tidak menyediakan paket lengkap untuk holiday, seperti menyediakan transportasi darat (rentcar), dan sebagainya.
Jika sewaktu-waktu terjadi pembatalan penerbangan yang di akibatkan oleh bencana alam atau non teknis maka pengembalian uang konsumen atas tiket yang terlanjur dibeli tidak bisa langsung diproses.
Pencarian hotel masih minim informasi sehingga tidak memiliki list dari berbagai hotel di dunia, hanya hotel-hotel tertentu.
Lebih kepada situs booking domestik. Dalam penerbangan internasional, belum mencakup seluruh wilayah dunia, hanya untuk beberapa wilayah terfavorite.

3.    Perkembangan bisnis informatika di Indonesia dan dunia
Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual-beli online (e-commerce), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.

Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuhkan hardware yang berukuran sangat besar. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja, sekarang ini sudah sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi database, internet, game online, jual beli online, situs jejaring sosial dan lain-lain.

Maraknya perkembangan bisnis informatika di Indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di Indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. Sebagai contoh, banyaknya e-commerce (jual beli barang di internet) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. Berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor tersebut. Cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking (sosialisasi) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun didapat.

Dilihat dari factor-faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman, tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.

Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
a. Produk
·         Hardware / Perangkat Keras
Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
·         Software / Perangkat Lunak
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.

     b.    Jasa
·         Software House (pembuatan software sesuai permintaan)
Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera (cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha (Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).

·         E-commerce (jual-beli online)
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).

·         Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

·         IT consultant
Menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.



Sumber Pustaka :

[7]   http://idaaaann.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika-definisi.html

Comments