Tugas 3 - Quantum Komputasi

PENCARIAN DATA DENGAN INDEKS TAKTERURUT MENGGUNAKAN ALGORITMA KUANTUM


Isi Pembahasan Jurnal
Dalam tulisan ini dibahas algoritma Grover untuk mencari data dalam suatu basis data. Untuk basis data dengan N indeks takterurut satu-satunya cara dalam mencari data adalah dengan memeriksa setiap indeks, kemudian dicocokan dengan data yang dicari dengan jumlah oracle yang digunakan O(N). Dengan menggunakan algoritma pencarian Grover dan sifat paralelisme quantum maka pencarian dalam indeks takterurut akan menggunakan oracle sebanyak O(√N).
Hasil simulasi dari algoritma Grover dengan jumlah N = 2n = 8 (n = 3 qubit)9) dan indeks dari data yang akan dicari adalah x0 = 4 . 


Pencarian data dengan indeks takterurut dengan menggunakan algoritma Grover akan bekerja dengan baik bila informasinya disimpan dalam bentuk qubit dan dapat menggunakan gerbang-gerbang logika quantum yang merepresentasikan operator-operator uniter yang dibutuhkan. Meskipun algoritma Grover bersifat probabilistik akan tetapi banyaknya iterasi yang dilakukan bisa bersifat deterministik. Untuk dapat diimplementasikan secara sederhana nampaknya algoritma Grover membutuhkan kelengkapan dari hampir seluruh perangkat keras dari komputer quantum. Hal ini dikarenakan sulitnya mengimplementasikan oracle yang bekerja secara paralel dalam sebuah operator inversi.

Comments