Nama : Rahmalita
Ayuza Putri
NPM : 57413172
Kelas : 4IA08
Pada tulisan ini,
saya akan menjelaskan Penulisan ilmiah yang telah
saya buat sebelumnya dengan judul “APLIKASI
PEMBELAJARAN SIKLUS HIDROLOGI BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY”. Aplikasi ini dibuat untuk membantu para siswa SMA kelas X dalam
mempelajari siklus hidrologi agar lebih mudah dipahami dan efektif. Siklus hidrologi merupakan sirkulasi
atau perputaran air secara berulang dalam suatu pola tertentu, mulai dari bumi
ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi. Siklus hidrologi ini terjadi melalui
proses penguapan (evaporasi),
jatuhnya titik-titik air permukaan bumi (presipitasi)
dan pengembunan (kondesasi). Berdasarkan panjang pendeknya proses yang di alami, siklus
hidrologi dapat dibedakan menjadi 3 macam,
yaitu siklus hidrologi pendek, siklus hidrologi sedang, dan siklus hidrologi
panjang.
Icon Aplikasi Rain and Drops
Alasan
saya membuat aplikasi pembelajaran siklus hidrologi ini karena metode
pembelajaran yang dilakukan di sekolah biasanya menggunakan media 2D atau buku
pelajaran saja. Metode belajar tersebut dapat membuat siswa merasa bosan karena
gambar kurang terlihat nyata dan kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu,
saya tertarik membuat pembelajaran siklus hidrologi menjadi bentuk 3D dengan
konsep yang berbeda yaitu menggunakan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented
Reality ini dapat menampilkan objek virtual
pada dunia nyata secara real-time. Augmented
Reality dapat diterapkan secara luas pada media-media tertentu,
diantaranya pada desktop, smartphone, maupun website. Mengingat banyaknya
siswa yang menggunakan smartphone pada
zaman sekarang, maka saya membuat aplikasi menggunakan media smartphone berbasis android sehingga siswa dapat mempelajarinya dimanapun dan kapan
pun. Jadi, siklus hidrologi ini saya buat dalam bentuk simulasi proses
terjadinya hujan. Simulasi inilah yang nantinya akan ditampilkan pada kamera smartphone.
Perangkat keras yang saya gunakan
untuk membuat aplikasi siklus hidrologi ini, yaitu :
1.
Processor: Intel ® Core™ i3-5010U CPU @ 2.10GHz
2.
Memory : 4096MB RAM
3.
VGA : NVIDIA GeForce 920M
4. Harddisk : 500 GB
Sedangkan software yang saya gunakan adalah
Sistem operasi Windows 10 Enterprise 64-bit, Blender 2.71 untuk pembuatan objek
3D, lalu diimport ke dalam software Unity 5.0.0 dan Vuforia Unity Android iOS
4.0.103 untuk pembuatan aplikasi augmented reality sehingga objek tersebut
dapat ditampilkan pada dunia nyata. Untuk memasukkan aplikasi ke dalam smartphone berbasis android, maka saya
menggunakan Android SDK. Dan yang terakhir adalah aplikasi Photoshop CS 3 untuk
membuat gambar dan sebagainya.
Terdapat lima tahap yang
dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini, diawali dengan tahap pengumpulan data
yang menggunakan metode studi pustaka dan pencarian data melalui internet,
tahap perencanaan dan perancangan aplikasi, kemudian tahap pembuatan aplikasi
yang dibuat menggunakan software Blender dan Unity 3D.
Setelah aplikasi selesai dibuat, maka saya melakukan
tahap uji coba ke beberapa smartphone dengan
spesifikasi yang berbeda.
Kelebihan dari aplikasi yang
saya buat yaitu dapat dijadikan sebagai
media pembelajaran untuk siswa SMA Kelas X. Aplikasi ini dapat digunakan
dimanapun dan kapanpun oleh pengguna karena saya membuat aplikasi berbasis
android. Objek yang ditampilkan berbentuk simulasi dari siklus hidrologi sehingga
dapat membuat pengguna tertarik untuk mempelajarinya. Pembelajaran siklus
hidrologi ini tidak hanya memberikan satu proses terjadinya hujan, melainkan
terdapat 3 macam proses berdasarkan panjang pendeknya suatu proses yang
dialami. Aplikasi ini juga mengenalkan kepada
orang-orang apa itu augmented reality.
Bagaimana augmented
reality itu bisa menampilkan objek dunia
maya ke dalam dunia nyata.
Agar aplikasi yang
telah saya buat dapat bermanfaat bagi masyarakat, saya akan mempromosikan aplikasi
pembelajaran siklus hidrologi ini dengan cara dengan memberikan free trial kepada konsumen. Hal ini dilakukan untuk
memberi kesempatan kepada konsumen agar dapat meyakinkan konsumen akan kualitas
produk saya. Saya juga akan mneg-upload
deskripsi dan video singkat (trailer)
mengenai aplikasi siklus hidrologi ke website, blog, maupun jejaring sosial
lainnya seperti ke Youtube, Instagram, Facebook, dan Twitter. Saya akan menulis
ulasan mengenai pembelajaran siklus hidrologi dan augmented reality, menjelaskan
tentang bagaimana aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan benar, serta
menjelaskan fungsi dari aplikasi tersebut.
Sekian penjelasan
mengenai penulisan ilmiah yang telah saya buat. Semoga bermanfaat bagi
masyarakat luas dan membantu para pembaca untuk dapat lebih memahami tentang
teknologi yang sedang berkembang saat ini, yaitu teknologi Augmented Reality.
Comments
Post a Comment